PERJALANAN PENGEMBARAAN ROCK CLIMBING

1.Siti Kuntari
2.Sugiono
3.Anwar Rozi
4.Ahmad Ari Budianto ( FPTI JAWA TENGAH )
5.Budi Purwanto (FPTI SEMARANG )

Peserta :
1.Ahmad Nafi’ (Kliwon)
2.Gizca Dwi Putri (Keling)

Minggu,26 April 2009
Pada pukul 10.00 kami berkumpul di basecamp mugas.Sambil menunngu kumpul semuanya,anak – anak sambil ngobrol – ngobrol dan mempersiapkan keberangkatan. Setelah pada kumpul semuanya pukul 11.30 melaksanakan upacara pemberangkatan.Dan jam 12.40 berangkat dari basecamp mugas menuju tebing suing.Perjalanan yang santai kita lewati dan tiba – tiba hujan turun sangat deras di daerah Jambu kita pun berteduh di pos ojek sambil makan roti dan ngobrol – ngobrol asyik.

Senin, 27 April 2009
Sekitar 14.38 kita melanjutkan perjalanan walaupun hujan masih rintik – rintik.Sekitar jam 15.28 kita sampai di alun – alun Magelang,kita makan siang (mie ayam) sambil ngobrol – ngobrol dan tertawa.Selesai makan kita melanjutkan perjalanan,sesampanya di daerah Sleman kita terkena hujan,kita pun berteduh di bengkel mobil sambil menunggu hujan berhenti.Namun hujan tak berhenti juga tapi kita tetap melanjutkan perjalanan sampai hujannya berhenti dengan sendirinya.Sekitar jam 20.21 kita berhenti di kucingan daerah Patuk sambil menunngu maz arek dan ,ba tari dating.Sekitar jam 21.13 kita melanjutkan perjalanan,karena jalanan malam kita bingung mencari lokasi tebing suing dan kita pun bertanya kepada penduduk setempat. Sekitar + 30 menit lagi sampai lokasi tujuan,ban motor mas Cilik bocor sehingga kami berhenti di tempat yang sangat sunyi sambil ngobrol – ngobrol. Dan sekitar jam 23.00 kami melanjutkan perjalanan sampainya di basecamp pemanjat tebing siung jam 23.25.Sebelim istirahat tidur kami briffing dulu,selesi briffing kami istirahat buat kegiatan pengembaraan hari petama esoknya.
Pukul jam 06 pagi bangun kita langsung persiapan untuk melakukan MCK selesai anak-anak mck dan sarapan pagi pun dihidangkan maka kami dan tim pendamping pengembaraan dari mapalast maupun dari FPTI langsung saraapan pagi,sebelom itu semua sambil menunggu tim mck mz cilek melakukan cek list alat guna pemanjatan sport dan simulasi artificial, kami pun disuruh melekukan pemasangan berbagai pengaman ,
Saya berhasil memasang pengaman 2 hexa,sling webbing lewat lubang tembus pastinya
,1 frend lewat rekahan, dan 2 piton angel dan pipih. Kemudian simulasi pemanjatan artifial pun di mulai saya bertindak sebagai leader/atau pemasang jalur dan nafi sebagai team atau cleaning,saya berhasil memasang 3 sling webbing lewat lubang tembus dan 1 pyton.Kendala yang saya hadapi dalam membuat jalurnya yaitu susahnya ntuk mencari lubang tembus dan susah mencari pengaman kalau sudah berada di atas tebing.Selesai simulasi artificial istirahat makan siang.Dan selesai itu kami melanjutkan pemanjatan sport.Pada pemanjatan sport diblok D2 saya gambling dari ketinngian kurang lebih 7 meter karena harnest yang saya gunakan longgar.Sekitar jam 16.23 kami selesai pemanjatan kami pun langsung ceklist alat dan melakukan perjalanan pulang ke basecamp.Sesampainya kami langsung ISOMA.Dan jam 18.50 kami pun makan malam yang sudah dihidangkan,selesainya kami langsung evaluasi dan briffing.Setelah kami langsung istirahat tidur.

Selasa, 28 April 2009
Seperti biasanya kami pun bangun pagi dan langsung mck dan ceklist alat,sampai sarapan pagi pun telah dihidangkan dan kami pun makan pagi,selesai makan kami langsung persiapan pemberangkatan untuk pemanjatan artificial MR di blok H.Sesampainya di tujuan kami langsung melakukan pemanjtan,sebelumnya panjatan kami memasang alat yang akan digunakan untuk pemanjatan artificial.Saya sebagai pemanjat pertama memebawa alat pengaman sisip yang banyak dan Nafi sebagai belayer.Dan saya mulai pemanjatan,saya mencari celah untuk memasang pengaman pertama,mz arek mencari celah untuk pengaman saya yang pertama dan pengaman kedua,dan saya melanjutkan untuk mencari celah selanjutnya.Sekitar diketinngian 6,5 meter saya menemukan celah untuk pemasangan pyton,dan diketinggian 7,5 meter saya memasang pengaman 2 pyton dan 1 pengaman hanger yang sudah ada di tebing.Kemudian pemanjat kedua naik dan saya sebagai pengaman tetapi tidak berhasil akhirnya kami pun turun.Pemanjat kedua turun pertama sambil cleaning alat yang belayer saya sendiri,setelah pemanjat kedua sampai di bawah saya yang akan turun berikutnya dengan menggunakan simpul tarik lepas.Dan pada saat saya mau turun ada trouble di atas,carabiner yang saya pasang dihanger susah untuk dilepas akhirnya saya kesulitan.Dan saya dibantu dari pendamping yang berada di bawah dan akhirnya saya bisa turun.Karena ada trouble tadi saya,pendamping agak emosi dan saya pun nangis dan langsung kebasecamp.
Malam harinya selesai anak – anak makan malam kita langsung evaluasi dan briffing.Setelah itu kaita langsung istirahat.

Rabu, 29 April 2009
Kita bangun jam 6 pagi seperti biyasanya,kita melkaukan mck + ceklist alat dan sarapan pagi.Setelah sarapan pagi kita langsung persiapan pemberangkatan hari terakhir untuk pemanjatan terakhir.

Untuk pemanjatan terakhir kita menggunakan pemanjatan sport.Pemanjatan pertama di blok F,Nafi sebagai leader dan saya sebagai belayer.Pemanjatan kedua di tebing G dengan 2 jalur pemanjata sport.Selesai pemanjatan kita langsung cleaning dan cek list alat dan perjalanan pulang ke basecamp.Sampai di basecamp kita refreshing di pantai sebelim melanjutkan perjalanan pulang ke semarang.Sekitar 2 jaman bermain di pantai kita persiapan pulang,sebelum pulang kita makan siang dibasecamp,setelah makan kita langsung pamitan dengan pemilik basecamp.Kemudian kita melanjutkn perjalanan pulang ke semarang.