Pengembaraan Divisi Gunung Hutan


Untuk menjadi anggota MAPALAST, calon anggota muda harus mengikuti tahap lanjutan pendidikan setelah DIKSAR yaitu tahap Pengembaraan. Dimana calon anggota muda memilih spesifikasi divisi yang terdapat di MAPALAST sesuai bakat atau minat.

Pengembaraan angkatan IV MAPALAST divisi gunung hutan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Februari 2011 di Gunung Salak tepatnya di Puncak Salak I (2211 mdpl) melalui jalur Cimelati Yang terdiri dari 2 calon anggota muda (Bokep dan Entung), 4 pengurus MAPALAST (Kaleng, Lettoy, Gambreng, Epleh) dan 2 dari Mapala Djuanda (Yansen dan Caka).

Gunung Salak sendiri merupakan gunung yang masih asri dan memiliki keunikan tersendiri baik karakteristik hutan maupun medannya. Sehingga dijadikan sebagai ajang tempat pendidikan bagi organisasi pencinta alam, termasuk Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Stikubank (MAPALAST).

Pengembaraan divisi gunung hutan mengambil konsep survival, dengan harapan calon anggota muda dapat mengaplikasikan materi yang mereka dapat ketika DIKSAR. Pada hari pertama ngecamp (hutan damar) calon anggota muda mengaplikasikan perapian dan para-para. Hari kedua pendakian dilanjutkan, saat perjalanan menuju puncak terdapat tumbuhan yang dapat dimakan tapi sayang calon anggota muda kurang tanggap menyikapinya. Kami selaku pendamping pengembaraan divisi gunung hutan sangat menyayangkan tumbuhan tersebut tidak diambil oleh calon anggota muda MAPALAST. Sekitar pukul 18.15, kami sampai di puncak Salak I. dengan disambut angin yang sangat kencang, calon anggota muda berusaha mendirikan shelter alam. Hari ketiga, kami turun hingga sekitar pukul 16.00 dan kemudian kembali ke sekret Djuanda

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »