Gelar Kejuaraan Arung Jeram Nasional

Dalam rangka untuk mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Musi Rawas, serta program wisata Visit Rawas River 2010, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Musi Rawas, Sumsel, akan menggelar kejuaraan nasional arung jeram pada 8-12 Desember 2009.

“Kejuaraan ini akan diikuti 20 tim dari berabagi provinsi di Indonesia. Mereka akan menjajal derasnya arus sungai Rawas di Kecamatan Ulu Rawas,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Musi Rawas HA Rachman Achmad, Kamis.

Dikatakannya, semula pendaftaran kejuaraan ini masih dibuka hingga akhir bulan, namun baru beberapa pekan dibuka, peserta yang mendaftar sudah melebihi target yang ditentukan, akhirnya pendaftaran ditutup Rabu (18/11) dan diputuskan hanya menjaring peserta yang berpengalaman saja, karena event tersebut sifatnya kejuaraan nasional.

Dikatakan, kejuaraan itu akan dilaksanakan oleh pengurus Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Musi Rawas dan Sumsel, sedangkan dinas terkait sebagai penyelenggara saja. Dipilihnya sungai Rawas sebagai arena, karena lokasinya menantang dengan arus yang deras serta dipenuhi bebatuan besar dan airnya yang jernih.

Di lokasi, ini selain potensi wisata alam yang menjanjikan juga terdapat objek wisata alam lainnya yaitu hamparan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) serta gua batu Napalicin yang berusia ribuan tahun.

Keberadaan kawasan wisata ini, sebelumnya pada tahun 1990-an sudah banyak dikenal oleh wisatawan mancanegara, baik yang datang untuk hiburan atau penelitian ekosistem, flora dan fauna. Mereka umumnya berasal dari Belanda, Jerman, Inggris dan beberapa negara lainnya.

Namun sejak terjadinya krisis ekonomi pada tahun 1997, kunjungan turis tersebut terus turun hingga saat ini.

Untuk itu, dia berharap, kejuaraan ini dapat memperkenalkan potensi wisata di Kabupaten Musi Rawas, sehingga bisa memancing kendatangan turis baik dalam negeri maupun asing ke daerah itu.

kejuaraan ini juga diharapkan melahirkan tim arung jeram yang handal yang dapat mengharumkan nama bangsa di arean internasional.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »