TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI

Taman mencakup area seluas 41.330 ha di bagian utara Lombok dan menempatkan tiga kabupaten administratif Barat, Timur dan Lombok Tengah. Daerah meliputi 12,357.67 ha di barat, 22,152.88 ha di timur dan pusat 6,819.45 ha di Lombok. Rinjani mendominasi Taman Nasional Lombok, sebuah pulau sebelah timur Bali di kepulauan Indonesia. Pada 3726m itu adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, bagian dari terkenal cincin api yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Dalam kawah adalah danau Segara Anak spektakuler

Gunung Rinjani Lombok
Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726mdpl, mendominasi sebagian besar luas pulau Lombok. Terletak disebelah timur pulau Bali, dapat ditempuh dengan bus langsung Jakarta-Mataram dengan menyeberang menggunakan ferry dua kali (selat bali dan selat lombok). Dapat juga ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang dari Bali.

Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi ke dua di Indonesia di luar pegunungan Irian Jaya. Gunung Rinjani masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, dengan luas taman sekitar 40.000 hektar. Dikelilingi oleh hutan dan semak belukar seluas 76.000 hektar.


Gunung Rinjani memiliki kawah dengan lebar sekitar 10 km, terdapat danau kawah yang disebut danau Segara Anak dengan kedalaman sekitar 230m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Danau Segara Anak ini banyak terdapat ikan mas dan mujair, sehingga sering digunakan untuk memancing. Dengan warna airnya yang membiru, danau ini bagaikan anak lautan, karena itulah disebut "Segara Anak".

APA YANG ANDA BISA LIHAT
Taman Nasional Gunung Rinjani terletak dalam zona transisi utama (Wallaceae) di mana flora dan fauna di Asia Tenggara yang dramatis membuat transisi ke dalam apa yang khas Australasia. The Park memiliki kekayaan berbagai jenis tanaman dan binatang, walaupun mereka sulit untuk dapat tempat karena hutan hujan dataran dan penutup.
Kadang-kadang terlihat awal di pagi hari adalah daun Eboni langka monyet hitam, yang dikenal secara lokal sebagai Lutung. Long tailed abu-abu monyet atau Kera adalah umum di Lombok dan laki-laki tua yang terlihat di bibir kawah. Rusa rusa penghuni hutan dan kadang-kadang terlihat di sepanjang jalur perjalanan Rinjani. Barking rusa yang lebih kecil atau Kijang memiliki alarm panggilan dengan berbeda seperti anjing menyalak. Cari tanah yang terganggu di mana babi liar atau Babi hutan telah mencari makan. Juga ditemukan di hutan adalah kucing Leopard atau Bodok sayangnya, Palm musang atau Porcupine atau Ujat dan Landak.
Berbagai warna-warni burung hidup di hutan-hutan taman nasional. Mungkin yang paling terkenal ikon dari Park adalah Sulphur Crested Cockatoo yang tidak ditemukan lagi di sebelah barat Lombok. Banyak hewan yang tinggal di hutan, serangga, burung, monyet berutang civets dan kelangsungan hidup mereka kepada pohon ara liar atau Beringin sebagai penyedia makanan dan tempat berlindung. Pinus-seperti spesies Casuarina, Cemara, adalah sebuah fitur pada lereng berumput yang lebih tinggi. Anggrek anggrek atau juga sebuah fitur pada daerah padang rumput, seperti yang Edelweiss atau Bunga Abadi pohon yang tumbuh di atas garis, melainkan sebuah ikon yang indah Park dan salah satu yang paling terkenal tumbuhan sub-alpine.

RINJANI TREK INFORMASI
Rinjani Trek Centre: Pusat terletak di atas trailhead desa tradisional Senaru dan Rinjani Information Centre yang terletak di desa Sembalun Lawang. Mereka menawarkan informasi dan menampilkan bagi pengunjung di perjalanan, Taman Nasional, budaya Sasak dan berbagai kegiatan yang tersedia di Senaru.
Menampilkan meliputi peta, Taman interpretasi, berjalan-jalan desa dan pedoman lingkungan. Semua pengaturan perjalanan dapat dibuat di sini, wisata budaya dan pembelian memesan terbuat dari produk lokal dan kerajinan tangan.
Taman Biaya: Biaya dibayar di Rinjani Trek Centre. Mereka berkontribusi terhadap perlindungan, pemeliharaan dan pengelolaan Taman Nasional, Rinjani Trek rute, desa atraksi dan fasilitas pengunjung.
Panduan dan Porters: terlatih dan berlisensi panduan dan kuli angkut yang tersedia. Anda akan memerlukan tiga hari dan dua malam untuk perjalanan dari Senaru melalui danau kawah yang spektakuler, untuk Sembalun Lawang (atau sebaliknya). Lebih banyak waktu akan diperlukan untuk menjelajahi puncak Gunung. Rinjani.
Semua pengaturan perjalanan dapat dibuat dan dibayar di Rinjani Trek Centre. Jika tidak dengan panduan, pastikan Anda dilengkapi dengan baik dan memiliki pengetahuan tentang gunung keselamatan.
Peringatan: The Rinjani Trek adalah gunung yang menantang berjalan dan Anda harus siap dengan peralatan yang baik, pakaian hangat dan tahan angin. Parah Rinjani dapat menarik badai, keringanan dan angin kencang. Ketika cuaca diselesaikan, matahari sangat ketat dan malam dingin. Bagian dari jalan setapak yang curam dan licin. Hati-hati terhadap cuaca buruk dan risiko terkena basah dan dingin (hipotermia). Jika terperangkap dalam badai listrik, berlindung dan menghindari punggung menonjol. Hati-hati terhadap ular, dan menyengat serangga dan tanaman. Lintah dapat menjadi gangguan pada musim hujan.

Catatan: Setiap tahun, selama musim hujan kegiatan trekking tertutup dari bulan Desember sampai Maret.

Vulkanik Bahaya: Meskipun Mt. Rinjani belum meletus dalam catatan sejarah, Mt. Baru (2.363 m) di danau kawah gunung berapi yang aktif. Hal terakhir meletus pada tahun 1994 secara dramatis. Periksa papan pengumuman untuk bahaya baru-baru ini, dan menerima nasihat dari staf taman dan panduan.
Spring Air: Sumber air segar adalah ciri perjalanan dan menentukan tempat perkemahan. Panduan Anda tahu di mana ini. Selama bulan-bulan kering (Juli-September) beberapa mata air menghilang. Taman staf dan panduan selalu memantau sumber air ini untuk menentukan kelimpahan mereka. Komunikasi: Anda disarankan untuk memastikan bahwa petunjuk ini membawa alat commuinication seperti ponsel. Radio juga tersedia untuk sewa di Rinjani Trek Centre. Dalam keadaan darurat otoritas Taman Nasional juga dilengkapi dengan radio komunikasi.

BUDAYA TIPS

Tersenyum dan menyapa orang-orang, terutama orang tua.
Berjabat tangan, lembut.
Terima keramahan dan makanan. Anda tidak perlu makan dan minum, tetapi sopan untuk
Mengucapkan selamat tinggal dan terima kasih ketika Anda pergi.
Berpakaian sopan. Perempuan harus menjaga lengan atas dan paha tertutup.
Membungkuk dan berjalan di sekitar orang-orang yang duduk ketika anda harus lulus.
Hanya menggunakan tangan kanan untuk makan dan tangan benda-benda atau uang kepada seseorang.
Pastikan untuk duduk di tingkat yang sama seperti masyarakat lainnya.
Memakai sarung ketika memasuki rumah Melokaq (pemimpin Adat) dan ketika ikut serta dalam ritual dan upacara adat.

Jangan Memasuki rumah, bangunan atau desa tanpa diundang.
Memakai sepatu di dalam rumah.
Titik pada orang-orang dengan jari Anda. Jangan pernah menggunakan kaki Anda untuk menunjuk objek atau orang.
Titik bagian bawah kaki Anda secara langsung pada orang-orang sambil duduk di lantai.
Menyentuh siapa pun kepala.
Melangkahi orang atau makanan di lantai.
Makan dengan tangan kiri, atau menggunakan tangan kiri Anda untuk memberi atau menerima benda atau uang.
Angkat suara Anda, terutama dalam kemarahan.



Senaru
Desa Senaru, yang mudah 2,5 jam perjalanan dari Mataram atau Senggigi, adalah akses utama ke Taman Nasional. Sebagai tujuan non-trekking juga populer - yang sejuk, penuh bunga-desa pegunungan yang membentang di sepanjang sisi bukit di atas memacu Bayan. Senaru memiliki berbagai macam akomodasi di rumah sederhana tetap (Losmen), dan sejumlah kafe-kafe melayani lezat setempat. The Rinjani Trek Centre di trailhead menawarkan display, kegiatan ekowisata, dan informasi pengunjung. Desa panduan, termasuk beberapa perempuan lokal, mengantar kunjungan ke desa tradisional yang berdekatan, tiga air terjun, dan sejumlah Desa Walks. Sirkuit termasuk satu jam sawah berteras dan Air Terjun Walk, atau menemukan highlights dari Senaru dalam setengah hari yang indah Senaru Panorama Walk.

Sembalun Lawang
Sembalun Lawang diatur dalam kaldera kuno dan subur di sebelah timur Gunung. Rinjani, rute akses yang lebih disukai untuk summiteers. Tanah yang kaya menghasilkan kebun pasar kualitas tinggi tanaman, termasuk bawang putih yang terkenal dan beras, pokok petani lokal. Aktivitas seismik dipantau setiap hari pada pemerintah Pusat Vulkanologi Rinjani.

Lembah yang indah dari Sembalun juga dikenal dengan bukit berjalan-jalan, baru-baru ini dipulihkan desa tradisional, artis dan budaya aktif penenun lokal.

Beberapa rumah tinggal (Losmen) tersedia akomodasi dan jasa perjalanan berbasis di Taman Rinjani Information Centre. Juga bertanya tentang jalan-jalan lokal: Desa di Sembalun Lawang Walk, untuk mengalami keindahan pemandangan desa dan / atau Wildflowers Sembalun Walk, selama dua hari satu malam berjalan kaki untuk melihat bunga-bunga liar di Propok di Gunung Rinjani National Park.


Bagi orang-orang Lombok, Sasak dan Bali sama, Mt. Rinjani dihormati sebagai tempat suci dan tempat kediaman dewa. Danau kawah adalah tujuan ziarah bagi puluhan ribu setiap tahun. Tempat peziarah persembahan dalam air dan mandi pergi penyakit di mata air panas. Bagi pengunjung, tiga hari Rinjani Trek rute dari Senaru ke tepi kawah, turun ke danau kawah kemudian ke Sembalun Lawang, dianggap salah satu yang terbaik treks di Asia Tenggara. Trekker berjiwa petualang bertujuan untuk puncak, mencapai yang terbaik dari Sembalun Lawang kembali setelah empat hari untuk Senaru.

Puncak Gunung Rinjani diyakini oleh masyarakat Lombok sebagai tempat bersemayam ratu jin, penguasa gunung Rinjani yang bernama Dewi Anjani. Dari puncak ke arah tenggara terdapat sebuah kaldera lautan debu yang dinamakan Segara Muncar. Pada saat-saat tertentu dengan kasat mata dapat terlihat istana Ratu Jin.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
July 15, 2015 at 9:50 AM delete

memang keindahan yang disuguhkan oleh rinjani sangat menawan

Reply
avatar
July 15, 2015 at 9:51 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
July 15, 2015 at 9:51 AM delete

makasih banyak sudah mengangkat tema tentang gunung rinjani

Reply
avatar