Gunung Jaya Wijaya Dulunya Adalah Dasar Laut

Bagi pendaki gunung, mendaki jajaran Pegunungan Jayawijaya adalah sebuah impian. Betapa tidak, pada salah satu puncak pegunungan itu terdapat titik tertinggi di Indonesia, yakni Carstensz Pyramide dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Jangan heran jika pendaki gunung papan atas kelas dunia selalu berlomba untuk mendaki salah satu titik yang masuk dalam deretan tujuh puncak benua tersebut. Apalagi dengan keberadaan salju abadi yang selalu menyelimuti puncak itu, membuat hasrat kian menggebu untuk menggapainya.
Tetapi, siapa yang menyangka jika puncak bersalju itu dahulunya adalah bagian dari dasar lautan yang sangat dalam!.Pulau Papua mulai terbentuk pada 60 juta tahun yang lalu. Saat itu, pulau ini masih berada di dasar laut yang terbentuk oleh bebatuan sedimen. Pengendapan intensif yang berasal dari benua Australia dalam kurun waktu yang panjang menghasilkan daratan baru yang kini bernama Papua. Saat itu, Papua masih menyatu dengan Australia.
Keberadaan Pulau Papua saat ini, tidak bisa dilepaskan dari teori geologi yang menyebutkan bahwa dunia ini hanya memiliki sebuah benua yang bernama Pangea pada 250 juta tahun lalu. Pada kurun waktu 240 juta hingga 65 juta tahun yang lalu, benua Pangea pecah menjadi dua dengan membentuk benua Laurasia dan benua Eurasia, yang menjadi cikal bakal pembentukan benua dan pegunungan yang saat ini ada di seluruh dunia.
Pada kurun waktu itu juga, benua Eurasia yang berada di belahan bumi bagian selatan pecah kembali menjadi benua Gonwana yang di kemudian hari akan menjadi daratan Amerika Selatan, Afrika, India, dan Australia.

Saat itu, benua Australia dengan benua-benua yang lain dipisahkan oleh lautan. Di lautan bagian utara itulah batuan Pulau Papua mengendap yang menjadi bagian dari Australia akan muncul di kemudian hari. Pengendapan yang sangat intensif dari benua kanguru ini, akhirnya mengangkat sedimen batu ke atas permukaan laut. Tentu saja proses pengangkatan ini berdasarkan skala waktu geologi dengan kecepatan 2,5 km per juta tahun.
Proses ini masih ditambah oleh terjadinya tumbukan lempeng antara lempeng Indo-Pasifik dengan Indo-Australia di dasar laut. Tumbukan lempeng ini menghasilkan busur pulau, yang juga menjadi cikal bakal dari pulau dan pegunungan di Papua.
Akhirnya proses pengangkatan yang terus-menerus akibat sedimentasi dan disertai kejadian tektonik bawah laut, dalam kurun waktu jutaan tahun menghasilkan pegunungan tinggi seperti yang bisa dilihat saat ini.
Bukti bahwa Pulau Papua beserta pegunungan tingginya pernah menjadi bagian dari dasar laut yang dalam dapat dilihat dari fosil yang tertinggal di bebatuan Jayawijaya.
Meski berada di ketinggian 4.800 mdpl, fosil kerang laut, misalnya, dapat dilihat pada batuan gamping dan klastik yang terdapat di Pegunungan Jayawijaya. Karena itu, selain menjadi surganya para pendaki, Pegunungan Jayawijaya juga menjadi surganya para peneliti geologi dunia.
Sementara terpisahnya daratan Australia dengan Papua oleh lautan berawal dari berakhirnya zaman es yang terjadi pada 15.000 tahun yang lalu. Mencairnya es menjadi lautan pada akhirnya memisahkan daratan Papua dengan benua Australia.
Masih banyak rahasia bebatuan Jayawijaya yang belum tergali. Apalagi, umur Pulau Papua ini masih dikategorikan muda sehingga proses pengangkatan pulau masih terus berlangsung hingga saat ini. Ini juga alasan dari penyebutan Papua New Guinea bagi Pulau Papua, yang artinya adalah sebuah pulau yang masih baru.
Sementara keberadaan salju yang berada di beberapa puncak Jayawijaya, diyakininya akan berangsur hilang seperti yang dialami Gunung Kilimanjaro di Tanzania. Hilangnya satu-satunya salju yang dimiliki oleh pegunungan di Indonesia itu disebabkan oleh perubahan iklim secara global yang terjadi di daerah tropis


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
April 13, 2014 at 9:40 AM delete

Everest View Trek - 9 Hari
Everest View perjalanan Memberi anda gambaran sepintas lalu di rantau Everest , di mana titik yang tertinggi di bumi terletak . Ini perjalanan selama 7 hari Membawa Anda kepada Bazaar Namche dan Tengboche Yang bandar-bandar yang indah dalam perjalanan ke Everest Base Camp.
Tangkapan Aktiviti :
• Titik permulaan : Lapangan Terbang Antarabangsa atau perhentian bas
• Mula masa: N / A

Maklumat Penting:
Glimpse Gunung Everest dan penglihatan dari berdekatan
Perkhidmatan peribadi dan profesional perjalanan
Tukang - dibuat dan perjalanan swasta yang sedia ada
Availability:
tidak terdapat
Pada masa ini ia tidak mungkin untuk menempah produk ini kerana ketersediaan yang terhad.
Everest View Trek - 9 Hari

Program Everest View Trek adalah perjalanan pendek di Rantau Everest. Ia hanya untuk Jumlah 7 hari dan Mereka Yang mempunyai masa yang singkat di Nepal dan ingin mengalami rantau perjalanan yang terbaik boleh menikmati perjalanan itu. Perjalanan yang tidak begitu orang Malthus dalam mana-mana kecergasan fizikal yang berat boleh melakukan ini. Perjalanan yang akan membawa anda ke kampung-kampung yang indah di rantau Everest atau Khumjung Tengboche Sama ada pilihan anda. Pandangan Everest dari Tempat-tempat yang hebat. Lembah yang indah, pemandangan Himalaya dan budaya Sherpa orang adalah baik untuk pengalaman.

Trek Bermula dengan penerbangan ke Lukla dan kemudian berjalan kaki ke Phakding untuk hari pertama . Hari kedua agak curam dan lebih keras sehingga di gunung. Anda akan sampai ke Taman Negara Sagarmatha Hari ini (salah satu daripada taman warisan dunia ) dan kemudian ke Namchebazar pintu masuk ke Wilayah Everest. Namche adalah sebuah bandar yang indah. Kemudian anda akan pergi ke kampung Khumjung Tengboche atau sebagai pilihan anda . Perjalanan itu akan berakhir dengan terbang balik ke Kathmandu lagi.
Everest Trekking Jadual Perjalanan dalam pandangan Detail:

Masa lapang sebelum anda berlepas dari Kathmandu. Pemindahan ke lapangan terbang untuk penerbangan pulang ke rumah anda anda dengan kenangan Gunung Tertinggi di Dunia .
Apa yang Termasuk ?
Hotel Penginapan di Kathmandu dalam kategori 2/3 bintang dengan sarapan
Lapangan Terbang bertemu dan memindahkan perkhidmatan oleh Wakil-wakil syarikat
Kathmandu - Lukla - Kathmandu tiket penerbangan domestik ( diri sendiri dan panduan )
Lapangan Terbang Kathmandu - Hotel - Airport Pemindahan
Taman Negara Sagarmatha dan permit TIMS
Hotel Penginapan Semasa Trek dalam Lodges standard gunung dengan sarapan pagi.
Panduan untuk Trekking (untuk kumpulan yang lebih besar lebih daripada 8 pax akan ada bantuan untuk Panduan)


http://www.hikehimalayas.com/trekking-in-nepal/trekking-region/everest-region/everest-base-camp.htm
http://www.nepalguideinfo.com/
- Email: sanjib-adhikari@hotmail.com

Reply
avatar